Rabu, 08 Juni 2011

Identifikasi Kesulitan pada UN SD tahun 2011 di Salatiga

IDENTIFIKASI

Kesulitan

Pada UJIAN NASIONAL SD

KOTA SALATIGA

TAHUN 2011

Oleh: Sugiman

  1. Latar Belakang

Pada tanggal 3 – 5 Mei 2011 sebanyak 2.713 siswa SD/MI/SDLB di Kota Salatiga mengikuti Ujian Nasional. Ujian Nasional (UN) SD sebelumnya dinamakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) merupakan ujian Nasional di sekolah dasar yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan pelaksanaan ujian sekolah/madrasah. UN SD bertujuan untuk: (1) menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); dan (2) mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu. Hasil UASBN dimanfaatkan sebagai salah satu pertimbangan untuk: (1) pemetaan mutu satuan pendidikan; (2) dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya; (3) penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan; dan (4) dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Pada bulan Maret – April 2011, dilakukan latihan ujian (try out) bagi siswa kelas VI yang berasal dari beberapa sekolah di Salatiga. Soal try out yang disusun meliputi soal bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan telah mengacu pada kisi-kisi UN tahun pelajaran 2010/2011.

Hasil tes latihan UN diolah dan dianalisis untuk diidentifikasi tingkat kesulitan soal, yang akan dijadikan dasar pembinaan untuk guru, kepala sekolah dan pembina pendidikan lainnya, pada gilirannya perbaikan pada proses pembelajaran di kelas.

Tingkat kesukaran soal merupakan karakteristik soal yang ditunjukkan besarnya persentase siswa menjawab soal secara benar. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Keterangan:

TK= Tingkat kesukaran soal

JS = Banyaknya siswa yang mengikuti tes

Untuk menginterpretasikan tingkat kesukaran soal digunakan tolok ukur sebagai berikut.

(1) Jika jumlah responden gagal 30 %, soal termasuk kriteria mudah.

(2) Jika jumlah responden gagal 30 % - 70 %, soal termasuk kriteria sedang.

(3) Jika jumlah responden gagal 70 %, soal termasuk kriteria sukar.

Hasil Identifikasi Kesulitan Siswa

Berdasarkan pada latihan UN bagi siswa SD di Salatiga, maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa SD di Salatiga dalam menghadapi UN tahun 2011 sebagai berikut.

a. Identifikasi kesulitan mata pelajaran bahasa Indonesia

Hasil analisis sebagai berikut.

۞ Jumlah soal : 50

۞ Bentuk soal : Pilihan Ganda (4 option)

INDIKATOR UN SD SULIT: BAHASA INDONESIA

No

Standar Kompetensi Lulusan

Kemampuan Yang Diuji

Indikator

UN 2011

Prosentase

KET.

1.

Membaca

Membaca berbagai teks

nonsastra berupa teks sederhana, laporan, dan rubrik khusus, serta

berbagai karya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak-anak, dan drama anak-anak.

Menentukan isi bacaan

Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:

5. menyimpulkan isi bacaan

49%

Menentukan unsur intrinsik dongeng

Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan:

6. Latar cerita

43%

8. Amanat dalam cerita

48%

Menentukan isi tersurat/ tersirat dari rubrik yang dibaca

11. Disajikan cuplikan rubrik

khusus dari media cetak, siswa

dapat menentukan isi/pesannya

43%

Menentukan unsur instrinsik dan makna

kalimat cerita anak-anak

Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat:

15. Menentukan temanya

20%

2.

Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana,

kosakata yang bervari-asi dan kalimat efektif dalam kehidupan sehari-hari, petunjuk surat, pengumuman dialog, formulir,

teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya

sastra untuk anak berbentuk cerita anak, puisi, dan pantun, secara terpadu, struktur kalimat yang tepat, ejaan, dan pilihan

katanya.

Menyusun kalimat majemuk

21. Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat

37%

Menulis petunjuk pemakaian

22. Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang logis

50%

Menggunakan sinonim dan antonim

23. Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat

39%

24. Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat

38%

27. Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat

42%

Menggunakan EYD

28. Menentukan penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat

38%

Menyusun kalimat

34. Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan-nya menjadi kalimat efektif

48%

Menulis pengumuman

39. Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif, siswa dapat memper-baikinya dengan kalimat efektif yang tepat

26%

Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat

47. Disajikan gambar (benda, hewan, tumbuhan) siswa dapat menentukan kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar

44%

Menyusun laporan

48. Disajikan data siswa dapat menulis paragraf laporan singkat sesua data tersebut.

29%

b. Identifikasi kesulitan mata pelajaran matematika.

Hasil analisis sebagai berikut.

۞ Jumlah soal : 40

۞ Bentuk soal : Pilihan Ganda (4 option)

No

Kemampuan Yang Diuji

Indikator

UN 2011

PERSENTASE SOAL DIJAWAB BENAR

Ket.

No

Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan KPK

12

45%

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perhitungan skala

16

50%

Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan luas yang berbeda

22

49%

Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan volume yang berbeda

23

50%

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu

24

50%

3.

Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi

bangun datar

Menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui

25

44%

Menentukan banyaknya sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan

26

42%

Menentukan volume bangun ruang

Menentukan volume dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (balok atau kubus) yang disajikan beserta ukurannya

34

44%

Menentukan luas permukaan dari bangun ruang

Menentukan luas permukaan dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dari gambar yang diberikan

35

38%

c. Identifikasi kesulitan mata pelajaran IPA.

Hasil analisis sebagai berikut.

۞ Jumlah soal : 40

۞ Bentuk soal : Pilihan Ganda (4 option)


No

Standar Kompetensi Lulusan

Kemampuan Yang Diuji

Indikator

UN SD 2011

Prosentase

Ket

1

Memahami ciri-ciri dan

penggolongan hewan dan tumbuhan, cara

perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan

dan hewan bagi manusia serta upaya pelestariannya.

Menentukan cara menggolongkan makhluk hidup hewan/tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya

2. Disajikan beberapa nama tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan lain yang termasuk dalam kelompok itu.

45%

Menentukan cara perkembangbiakan hewan / tumbuhan

3. Melalui gambar tumbuhan/hewan siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya

47%

2.

Memahami bagian tubuh manusia dan tumbuhan, menjelas-kan fungsinya, serta

mampu mengidentifi-kasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.

Menjelaskan proses dan fungsi pada alat indra, pernapasan, pencernaan dan peredaran darah pada manusia

11. Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau saluran pencernaan yang ditandai .

36%

Menjelaskan manfaat zat makanan bagi kesehatan kesehatan manusia

14. Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan (gizi) bagi kesehatan tubuh manusia.

47%

4.

Memahami perubahan wujud benda dan kegunaan, pengaruh

suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap benda dalam kehidupan seharihari (pemuaian, pembakaran, pengeringan dll)

23. Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap kegiatan tersebut

39%

5.

Memahami berbagai bentuk energi, gaya serta perubahan,

manfaat dan pengaruhnya

Mengidentifikasi bentuk bentuk energi, perubahan, dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

26. Disajikan gambar alat/pernyataan yang berkaitan dengan energi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan/dihasilkan

26%

29. Disajikan Gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa lampu, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus.

45%

6.

Memahami berbagai jenis sumber daya alam, kegunaannya, dampak-nya bagi kehidupan.

Menjelaskan berbagai macam/dampak gejala alam

37. Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkan

43%

7.

Memahami sistem tata surya

Menjelaskan akibat/ manfaat gerakan bumi/ bulan

40. Siswa dapat menyebutkan dasar perhitungan penanggalan Masehi/Komariah

36%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar